Selasa, 20 Desember 2011

Sistem Distribusi Elektrikal


Yang dimaksud dengan sistem distribusi elektrikal adalah suatu sistem yang didesain dan dibangun untuk memasok daya listrik bagi sekelompok beban, dan hal tersebut merupakan suatu sistem yang cukup kompleks, dimulai dari instalasi sumber / source sampai instalasi beban/load).Sesuai dengan batasan, sistem distribusi elektrikal yang dibahas adalah instalasi listrik dalam gedung, dengan pasokan tegangan menegah (TM) dari sumber PLN dengan sumber cadangan dari genset.

PERALATAN UTAMA & FUNGSI
Peralatan utama sistem distribusi elektrikal terdiri dari :
1.Instalasi penyulang TM (20 kV)
Merupakan jaringan (kabel/busduct) penyalur tegangan menengah dari gardu distribusi PLN ke peralatan TM di gardu pengguna.
2. MVMDB
Medium Voltage Main Distribution Board adalah panel switching tegangan menengah yang ber­fungsi sebagi switcher dan pengendali daya TM di sisi pengguna. Komponen utama yang perlu diperhatikan pada MVMDB antara lain :
a. Main CB/LBSMV
b. Fuse
c. Peralatan proteksi/safety devices
3. Transformator Distribusi
Transformator merupakan alat pengubah tegangan (up/down) yang bekerja berdasarkan  prinsip GGL induksi dan mutual inductance.  Dalam bahan  ini  dibahas tentang step-down  transformer,  untuk  menurunkan tegangan jaringan 20kV ke tegangan distribusi 220/380 V.
4. LVMDB
Low Voltage Main Distribution Board sebagai switcher tegangan rendah ke masing-masing sub-panel di sisi beban.
5. Instalasi Penyulang TR
Instalasi ini berfungsi menyalurkan daya listrik tegangan rendah dari LVMDB ke sub panel atau dari sub panel ke beban. Pemilihan jenis saluran (kabel/busduct) tergantung dari posisi penempatan dan kapasitas penyalurannya.
6. Sub Panel TR
Sub panel TR adalah panel-panel downstream yang langsung berfungsi sebagai switcher, dan pengaman beban. Ada sub panel yang hanya berfungsi sebagai switcher, tapi ada juga yang dilengkapi dengan aparat pengaturan dan instrumentasi.
7. Beban / Load
Beban terhadap distribusi daya listrik dalam suatu bangunan gedung umumnya dikelompokkan ke­dalam 2 kategori besar, yaitu :
a. Kelompok beban elektrikal / elektronik, yang antara lain terdiri dari :
- Penerangan dan stop-kontak
- Sistem Pengindera Api atau Fire Alarm (FA)
- Sistem Tata Suara atau Sound System (SS)
- Sistem MATV dan CCTV
- Sistem Otomatisasi Bangunan (B.A.S.)
- Sistem Komunikasi Data
b. Kelompok beban Mekanikal ( dibahas terpisah )
DIAGRAM SYSTEM
el.JPG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar