Selasa, 20 Desember 2011

Internal Protection dengan Arester

Bahwa setiap jaringan kabel yang ada didalam ataupun diluar suatu bangunan tidak menutup kemungkinan menjadi akses atau pintu masuk arus petir, hal ini akan menyebabkan kerusakan pada peralatan elektronik dan perangkat elektris lainnya
Semisal :
Listrik di sebuah bangunan memakai supply daya dari listrik melalui kabel udara PLN . Ketika Petir menyambar diluar area bangunan dan mengenai kabel udara tersebut, maka arus petir  bisa merambat masuk kedalam bangunan.
Bila ini terjadi maka perangkat elektronik yang sedang aktif akan mengalami kerusakan fatal, tidak hanya itu saja hal tersebut akan menyebabkan kebakaran karena adanya konsleting listrik.
arrester listrikPada dasarnya di jaringan kabel udara PLN sudah di lengkapi perangkat Penahan lonjakan tegangan  akibat Petir (Arrester Lightning) , di setiap Gardu Induk ~ Gardu Distribusi ~ Travo Distribusi . Akan tetapi sambaran petir susah untuk di prediksi ( waktu , tempat dan besarnya kekuatan) yang ditimbulkan dan pada kenyataannya yang terjadi adalah efek petir tersebut masih saja bisa masuk dan merusak perangkat elektronik yang ada , Maka sebaiknya kita melindungi jaringan perangkat elektronik yang kita miliki dengan memasang internal protection Arrester Petir.
Pertimbangan yang mendasarinya adalah disaat petir menyambar sebuah tempat maka arus petir akan bisa merambat kemana saja. menjalar mengikuti kabel jaringan listrik , Komunikasi , atau struktur logam bangunan , bisa kabel listrik , kabel data , kabel antena atau bahkan kawat jemuran rumah.
Teknik yang standart adalah dengan memasang internal protection dengan menggunakan arrester petir secara berlapis :
Pemasangan dengan ke tiga Level sekaligus akan bisa menahan segala kemungkinan kerusakan akibat petir yang masuk melalui jaringan Daya .

Merancang Pengaman Bahaya Petir

    • Perlindungan Penuh.Diagran-Pemasangan-Arrester
yang dimaksud Perlindungan Penuh Bahaya Petir adalah antisipasi terhadap kemungkinan yang akan terjadi sudah disiapkan pengamanannya. Kita telah bahas singkat di atas bahwa petir susah di prediksi waktu , tempat dan besarnya jadi sangat perlu untuk memasang arrester petir sampai 3 tahap pengamanan .
Untuk tipe perangkat dan jenis Arrester disesuaikan dengan besar kebutuhan daya penggunaan, untuk kebutuhan daya kami bagi menjadi tiga macam
1. Industri =>
Level 1 dgn tipe FLASHTRAB FLT PLUS
Level 2 dgn tipe VALVELTRAB Compact
Level 3 dgn tipe Rail Mountable
2. Perkantoran =>
Level 1 dgn tipe FLASHTRAB Compact Plus
Level 2 dgn tipe VALVELTRAB-MS/F-MS
Level 3 dgn tipe Rail Mountable
3. Rumah Tinggal =>
Level 1 dgn tipe …
Level 2 dgn tipe …
Level 3 dgn tipe …
    • Perlindungan Menengah.
Perlindungan Menengah Bahaya Petir dilakukan dengan pertimbangan bahwa bahaya sambaran langsung yang mengenai jaringan listrik di dekat bangunan , kecil kemungkinannya  terjadi . misalnya lokasi bukan daerah dgn curah petir tinggi , maka  arrester yang akan digunakan bisa di kurangi  untuk pengamanan Level 1, tetapi hal ini sebatas inisiatif penghematan
1. Industri => Level 1 dgn tipe … Level 2 dgn tipe … Level 3 dgn tipe …
2. Perkantoran =>Level 2 dgn tipe … Level 3 dgn tipe …
3. Rumah Tinggal =>Level 2 dgn tipe … Level 3 dgn tipe …
    • Perlindungan Khusus.
Yakni perlindungan perangkat akan Bahaya Petir hanya sampai kepada masing-masing peralatan itu saja , hal ini dipilih dengan pertimbangan bahwa  jumlah peralatan elektronik  penting yang berada di bangunan tidak terlalu banyak .  pengguna rumah tinggal , kantor kecil, pertokoan  cocok untuk sistem ini
Perangkat- perangkat yg bisa di pilih sebagai berikut
Kami menyediakan peralatan Penangkal Petir Neoflash beserta instalasi dan arrester merk Phoenix Contact

Tidak ada komentar:

Posting Komentar